Rabu, 14 April 2010

21 Cara Memperoleh Uang dari Internet Secara Langsung

21 Cara Memperoleh Uang dari Internet Secara Langsung

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Secara Langsung

Berbicara mengenai bisnis internet berarti berbicara bagaimana menghasilkan uang dari internet. Ada banyak jalan dan banyak metode menghasilkan uang dari internet seperti yang sudah saya jelaskan di posting saya yang sebelumnya. Berikut ini saya berikan cara menghasilkan uang dari internet secara langsung yang saya ketahui selama saya bergelut di dunia bisnis internet. Sebagian besar cara tersebut telah saya coba dan memang benar – benar bisa menghasilkan uang. Namun besarnya uang yang anda hasilkan tersebut tergantung seberapa serius anda mendalaminya dan seberapa tepat strategi anda.

Masing – masing cara memperoleh uang dari internet secara langsung berikut ini memiliki strategi yang berbeda untuk memaksimalkannya. Efektifitas dan tingkat efisiensi bisnis internet yang anda pilih tergantung dari strategi anda. Jika strategi anda tepat, maka efektifitas dan efisiensi bisnis internet anda akan tinggi.

Kembali ke Cara Memperoleh Uang dari Internet Secara Langsung, berikut ini saya ungkapkan 21 cara memperoleh uang dari internet secara langsung yang bisa anda praktekkan di bisnis internet anda :

1. Iklan PPC ( Pay Per Click ) atau PPC advertizing Network

Inilah cara memperoleh uang dari internet yang paling banyak dilakukan oleh pelaku bisnis internet. Berawal dari PPC Network terpopuler di dunia yaitu google adsense, kini PPC advertising network semakin berkembang termasuk di indonesia.

Di indonesia sendiri kini telah muncul banyak PPC advertising network yang penghasilannya pun tidak kalah dengan PPC luar negeri.

Untuk memperoleh uang dari PPC network ini, anda hanya perlu membuat sebuah blog yang menarik, daftar di PPC network yang anda inginkan dan memasang kode iklan yang anda dapatkan. Hasil yang anda peroleh tergantung dari banyaknya klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap iklan yang ditampilkan tersebut.

Kunci dari sukses di bisnis PPC ini adalah trafik dan penempatan iklan. Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog anda maka semakin besar peluang jumlah iklan yang di klik oleh pengunjung anda. Strategi anda dalam meningkatkan traffik pengunjung dan strategi penempatan iklan sangat besar pengaruhnya bagi pendapatan anda.

Saya sendiri juga masih aktif malakukan bisnis internet dengan cara ini dan dari salah satu blog yang saya kelola, saya bisa menerima sejumlah uang dari salah satu PPC Network indonesia setiap bulan :)

Contoh beberapa PPC network :

* Google adsense
* Yahoo Publisher Network
* Kliksaya (indonesia)
* ppcindo (indonesia)



2. CPM advertising Network

Hampir sama dengan PPC Network, namun perhitungan perolehan bukan berdasarkan dari jumlah klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung, namun berdasarkan impresi atau jumlah ditampilkannya iklan di blog atau web anda. CPM ( Cost Per Mille ) akan membayar anda setiap 1000 kali impresi.

Sangat disayangkan karena cara memperoleh uang lewat CPM network ini kurang begitu populer di indonesia. Sama dengan PPC advertising, trafik yang tinggi adalah kunci utama untuk sukses di bisnis ini. CPM network ini sangat cocok digunakan untuk web bertrafik tinggi seperti forum, social bookmarking dan sebagainya

Beberapa contoh CPM Network :

* advertising.com
* Casale Media
* Burst Media
* Tribal Fusion



3. Direct banner advertising

Cara ini juga sangat populer di indonesia. Saya sendiri juga menampilkan beberapa direct banner di salah satu blog yang saya kelola. Direct banner adalah menjual spot atau lokasi kosong di blog / web anda secara langsung ke pengiklan.

Harga dan ukuran banner bisa anda tentukan sendiri. Jika blog anda ramai dan populer, akan ada banyak pemasang iklan yang memesan direct banner anda. Namun direct banner mempunyai beberapa kelemahan, terutama jika blog anda sepi pengunjung, maka jarang ada pengiklan yang memesan spot iklan yang telah anda sediakan.



4. Text Link Ads

Text link ads ini adalah cara mencari uang dengan memasang link yang diinginkan oleh pengiklan di blog kita. namun Text Link Ads ini kini semakin menurun tingkat popularitasnya setelah google mengumumkan bahwa blog yang berisi Text Link Ads tanpa index nofollow akan dipenalti oleh google atau yang lebih populer di banned oleh google.

Beberapa contoh Text Link Ads populer :

* Link Worth
* Text-link-ads
* text-link-brokers



5. Affiliate Marketing

Dengan bisnis Affiliate marketing, kita akan memperoleh uang jika ada orang yang membeli barang advertiser melalui link affiliate yang kita miliki. Namun kini affiliate marketing berkembang dengan sangat pesat termasuk di indonesia. Dengan bisnis affiliasi ini kita bisa memperoleh sejumlah uang jika produk yang kita affiliasikan terjual.

Di indonesia sendiri sangat banyak pelaku bisnis affiliasi ini. anda bisa mengafiliasikan produk milik joko susilo, welly mulia, cosa aranda dan sebagainya. Kalau di luar negeri ada beberapa Affiliate marketing network yang populer seperti :

* ClickBank
* Amazon
* Commision Junction



6. Monetization Widget

Sebenarnya monetization widget merupakan pengembangan periklanan baik itu dari PPC, CPM maupun Text link ads. Cuma disini berbasis widget yang sangat mudah dipasang dan bersifat plug and play. Anda tinggal memasang widgetnya di blog anda dan iklan akan tampil.

Beberapa contoh :

* WidgetBucks
* ScratchBack



7. Paid Review atau Sponsored Review

Belakangan ini paid review juga menjadi populer. Jika anda mempunyai blog dengan Pagerank tinggi dan banyak pengunjung, anda bisa mulai bisnis paid review ini dengan lancar. Anda akan memperoleh komisi $5 – $10 dolar tiap posting / artikel yang anda posting. Syarat – syarat dan apa saja yang harus diposting sudah disediakan oleh paid Review network yang akan anda ikuti.

Namun saran saya anda harus berhati – hati mengikuti bisnis internet semacam ini. Salah satu blog yang saya kelola terjun bebas Pagerank nya dari 5 menjadi 0, bahkan setelah saya menghubungi google melalui google webmaster tool, Pagerank salah satu blog yang saya kelola tetap saja 0 sampai sekarang :)

Beberapa Contoh sponsored review :

* PayPerPost
* Sponsored Reviews
* Reviewme



8. RSS Feed ads

RSS feed ads ini akan menampilkan iklan di feed anda. RSS Feed ads ini juga merupakan pengembangan, baik itu dari PPC maupun CPM dimana iklan akan ditampilkan di feed yang anda kirimkan di reader anda. Kini google adsense pun mendukung RSS feed ads ini.



9. PTC ( Paid to Click )

Sebenarnya saya sedikit ragu untuk memasukkan PTC ini ke dalam 21 cara memperoleh uang dari internet secara langsung, karena bisnis PTC ini sangat rawan dengan spam dan penipuan, namun karena tema posting saya kali ini adalah cara memperoleh uang dari internet, maka tidak ada salahnya saya tampilkan juga PTC ini.

PTC merupakan bisnis internet dimana kita akan dibayar dengan mengeklik iklan yang ada di situs PTC tersebut dan melihatnya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Besar uang yang akan kita terima relatif, namun rata – rata hanya berkisar antara $0,01 hingga $0,05 per klik iklan yang kita lakukan dan jumlah iklan yang tampil per harinya dibatasi 5 hingga 15 iklan per hari. Jika anda mendaftar di puluhan bahkan ratusan situs PTC dan berhasil menjaring banyak referral, tidak menutup kemungkinan anda akan sukses di bisnis ini.

Namun sekali lagi saya ingatkan bahwa bisnis ini rawan spam dan penipuan, anda harus berhati – hati dan rajin mencari informasi terbaru di forum – forum PTC yang ada.



10. Premium Content

Ada beberapa situs yang mengratiskan sebagian artikel dan tipsnya untuk pengunjungnya, namun yang sebagian lagi tidak digratiskan. Dalam artian pengunjung harus menjadi member dan membayar sejumlah uang untuk bisa membaca artikel premium tersebut. Contoh nya adalah SEOmoz yang mengharuskan membernya untuk membayar $79 per bulan untuk perorangan dan $229 per bulan untuk bisnis elite agar bisa mengakses artikel dan tool premium mereka.

Jika anda membuat situs seperti itu, maka jika anda memiliki 10 member saja, anda sudah bisa disebut sukses dari internet, apalagi jika member anda ratusan bahkan ribuan.



11. Private Forum.

Hampir sama dengan Premium content namun situs ini berupa forum. Jadi anda membuat forum dengan isi yang benar – benar menarik dan dibutuhkan banyak orang. Kemudian anda terapkan sistem member dimana hanya para member saja yang bisa masuk dan melihat diskusi yang ada di forum tersebut.

Ada banyak forum khususnya forum luar negeri yang menerapkan sistem tersebut. Sebagai contoh SEO blackhat forum yang memasang tarif hingga 100 dolar per member. Dan forum tersebut telah memiliki ribuan member. Coba anda bayangkan berapa pendapatan per bulan forum tersebut.



12. Lowongan Pekerjaan

Ini dia salah satu cara menghasilkan uang dari internet secara langsung yang kini sedang populer yaitu membuat situs lowongan pekerjaan. Situs ini akan menampilkan iklan dari perusahaan yang menjadi member dari situs tersebut. Jika anda membuat situs semacam ini, maka anda akan memperoleh uang dari iklan atau lowongan yang ditampilkan oleh perusahaan.

Dan anda juga bisa memberikan tarif khusus bagi pelamar kerja dengan memberikan sistem member. Dengan sistem member tersebut mereka akan mendapatkan info / berita lowongan pekerjaan dengan lebih mudah dan anda akan mendapatkan ekstra pendapatan dari membership mereka. Di indonesia sendiri situs – situs seperti ini sudah marak seperti karir.com yang sudah berhasil memperoleh banyak pendapatan dan member. Sebagai informasi, situs karir.com ini memasang tarif hingga 1 juta rupiah untuk perusahaan dan 65 ribu rupiah untuk pelamar kerja per bulannya.



13. Marketplace

Marketplace adalah bisnis internet dengan membuat suatu pusat informasi jual beli di website tersebut. Sebagai contoh adalah Sitepoint yang telah memperoleh jutaan dolar dari marketplace tersebut. Di indonesia sendiri belum ada yang benar – benar berfungsi seperti marketplace, namun ada beberapa situs seperti bekas.com yang fungsinya hampir sama dengan marketplace namun cenderung ke bidang periklanan daripada ke marketplacenya itu sendiri



14. Paid Surveys dan Polling

Anda bisa memperoleh uang dengan megikuti paid review dan polling site ini. Anda akan dibayar setiap anda menjawab serangkaian review atau polling mereka.



15. Menjual atau Menyewakan halaman situs.

Mungkin bisnis ini masih jarang anda dengar di indonesia. Di luar negeripun masih jarang ada bisnis bermodel seperti ini. Namun konsep bisnis ini sangat menarik dan layak untuk dicoba. Prinsipnya seperti ini, jika anda mempunyai situs atau blog yang sangat ramai dan memiliki pagerank yang tinggi, maka anda bisa menyewakan salah satu halaman anda untuk diisi dengan artikel atau apapun milik pengiklan. Prinsipnya hampir sama dengan direct ads, namun bukan space banner yang anda jual..tetapi halaman website. Suatu konsep yang sangat menarik untuk di riset bukan ?? :)



16. Highlight posting dari sponsor.

Techmeme telah mempopulerkan cara baru dalam mencari uang lewat internet. Situs tersebut meletakkan posting dari sponsor mereka di sidebar kanan dan diberi hightlight agar pengunjung tersebut lebih tertarik dan mengunjungi posting dari sponsor mereka.

Techmeme menerapkan tarif sekitar $5000 per bulan tiap sponsor, dan techmeme memiliki sekitar 6 – 7 sponsor tiap bulannya. Anda Tergoda memperoleh $30000 tiap bulan seperti yang diperoleh oleh techmeme?



17. Donasi

Jika anda memiliki website yang sangat berguna bagi pengunjung anda, maka tidak ada salahnya menampilkan tombol donasi di website anda. Banyak situs luar negeri yang memperoleh ratusan dolar pendapatan melalui donasi dari pengunjung loyal mereka yang merasa terbantu dengan adanya situs tersebut.

Namun dari riset yang saya lakukan di salah satu blog yang saya kelola, untuk blog / situs berbahasa indonesia..pengunjung amat sangat jarang mengirimkan donasi mereka. Namun tidak menutup kemungkinan juga anda memperoleh pendapatan dari sini jika pengunjung anda sangat loyal dan merasa blog / situs anda bermanfaat bagi mereka.



18. In text advertising

In text advertising akan secara otomatis membuat teks anda yang berhubungan dengan pengiklan berubah menjadi sponsor link. Anda bisa memperoleh komisi jika pengunjung ada yang membuka text link tersebut. Di indonesia sendiri ada beberapa situs yang menggunakannya seperti indowebster dan situs – situs lainnya

Contoh in text adversiting

* Kontera
* Vibrant Media



19. Pop Up dan Pop Under

Ini adalah jenis iklan yang sebisa mungkin anda hindari jika anda bertujuan meningkatkan trafik dan memperoleh loyal visitor sebanyak mungkin. Kenapa? karena baik pop up dan pop under menurut saya sangat mengganggu kenyamanan pengunjung dan sering menjadi alasan situs anda dianggap berbahaya untuk dikunjungi oleh beberapa antivirus maupun internet security.

Namun jika anda ingin membuat blog / situs anda mempunyai pendapatan semaksimal mungkin, anda bisa mencobanya.

Beberapa contoh Pop Up – Pop Under advertising Network :

* Tribal Fusion
* PayPopUp
* PayPopAd



20 Audio ad

Anda juga bisa mencari uang dari internet dengan memasang audio advertising atau iklan audio di blog anda. Jika anda pengunjung yang masuk ke blog anda, maka akan ada iklan audio yang dimainkan selama kurang lebih 5 detik. Iklan audio tersebut akan selalu dimainkan setiap ada pengunjung yang masuk ke situs anda.

Iklan audio ad ini berbasis CPM dimana anda akan memperoleh $4 – $6 per 1000 kali tayang.

Contoh audio ad network :

* Net Audio Ads



21. Dari Download dan referral

Referral ini juga kini telah menjadi populer di indonesia. Anda bisa memperoleh uang dengan cara menaruh link atau banner referral di situs anda. Salah satu contohnya adalah ziddu yang akan membayar anda $0,1 per referral dan $0,001 per IP unik jika ada yang mendownload file yang anda upload di ziddu. ini sangat cocok untuk situs download dengan traffik yang besar.

Saya telah melakukan riset dengan salah satu blog yang saya kelola dan ternyata memang bisnis internet dari referral ini cukup menjanjikan dan patut untuk anda coba :)

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger template 'Photoblog' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP